Sertifikasi dan Pembekalan IAP Jawa Timur 2015

Sertifikasi dan Pembekalan IAP Jawa Timur 2015

AGENDA KEGIATAN, Berita IAP No Comments on Sertifikasi dan Pembekalan IAP Jawa Timur 2015

Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) merupakan organisasi profesional perencana yang ada di Indonesia. Sebagai organisasi profesional, IAP perlu mendukung anggotanya dengan pengakuan profesional dalam dunia perencanaan sehingga dapat diterima oleh user atau pemberi pekerjaan. Karenanya, IAP membentuk keanggotaan bersertifikat dengan 3 tingkatan antara lain pratama, madya, dan utama. Pada masing-masing jenjang tersebut terdapat syarat berupa uji kompetensi serta harus mengikuti pelatihan pembekalan dasar.

sertifikasi iap jatim

Uji kompetensi dan Pelatihan pembekalan dasar inilah yang menjadi agenda pertama IAP jatim di tahun 2015 ini. Tepat tanggal 17-18 April 2015 di Auditorium Prof.Ir. Suryono , bertempat di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (PWK FT UB) kegiatan sertifikasi IAP Jawa Timur terselenggara. Sebagaimana mandat Peraturan LPJK Nasional Nomor 6 dan 9 Tahun 2013, kewenangan uji kompetensi ada pada daerah dan dilaksanakan sepenuhnya oleh LPJK Daerah. Kegiatan sertifikasi ini dilaksanakan bekerjasama dengan IAP Jawa Timur dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah (LPJKD) Jawa Timur.

proses ujiproses verifikasi

Pada kegiatan ini hadir perwakilan dari organisasi-organisasi terkait antara lain: Ir. Imam Prayogo (Dewan Pembina LPJKD Jatim), Ir Soetarmo, Dipl. SE (Dewan Pembina LPJKD Jatim), Ir Suparyadi, MBA (Dewan Pembina LPJKD Jatim), dan Ir. Putu Rudy Setiawan, M.Sc. (Ketua IAP Jawa Timur).

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini tercatat 95 peserta yang umumnya berasal dari perguruan tinggi yang berada di Jawa Timur yaitu alumni sekolah perencanaan PWK FT-UB, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, serta instansi pemerintah daerah.

Acara sertifikasi perencana muda dan perencana madya itu dilakukan selama dua hari. Pada hari pertama beragenda utama uji kompetensi oleh assesor dan hari kedua beragenda pembekalan berupa materi-materi terkait dunia perencanaan. Hadir sebagai assesor adalah pada sertifikasi ini yaitu:

  • Ir. Agus Dwi Wicaksono, Lic.Rer.Reg (dosen PWK FT-UB),
  • Ir. Ibnu Sasongko, MT (dosen PWK ITN Malang) dan
  • Juniar Ilham Pramukadianto (Bidang Sertifikasi BSP-IAP)

Sedangkan untuk pembekalan pada hari kedua, materi diberikan oleh oleh Dr. Ir. Ibnu Sasongko dengan materi Standar Mutu Penataan Ruang, Dr. Ir. Agus Dwi Wicaksono, Lic.Rer.Reg dengan materi Penyusunan RTBL, Prof. Roos Akbar, M.Sc., Ph.D. (Ketua Majelis Kode Etik IAP) dengan materi Etika Profesi Perencanaan serta Ir. Juniar Ilham Pramukadianto dengan materi Kompetensi Perencana dan Proses Sertifikasi.

 jadwal acara

Author

Related Articles

Leave a comment

Back to Top