Mimpi Surabaya Memiliki Angkutan Massal Cepat (Monorel)

Mimpi Surabaya Memiliki Angkutan Massal Cepat (Monorel)

NEWS No Comments on Mimpi Surabaya Memiliki Angkutan Massal Cepat (Monorel)

Mimpi Surabaya Memiliki Angkutan Massal Cepat (Monorel)

 

Sebagai ibukota Jawa Timur yang berkembang secara dinamis, serta kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya terus melakukan perbaikan pada sektor infrastruktur. Salah satunya dengan mengembangkan angkutan massal modern berupa Angkutan Massal Cepat (Monorail).

Bersumber dari laman smart.surabaya.go.id dan dalam upaya ikut menyebarkan informasi terkait Angkutan Massal Cepat di Surabaya berikut penjelasannya:

Latar Belakang

Sebagai “Kota Perdagangan dan Jasa Internasional”, Surabaya memegang peranan penting sebagai hub pembangunan  kawasan Indonesia Timur. Sedangkan di sisi regional, Surabaya merupakan pintu gerbang masuknya investasi ke propinsi Jawa Timur. Hal ini tentu saja didukung oleh ketersediaan prasarana transportasi dengan kelas internasional dan nasional dimana terdapat Bandara Juanda Internasional, Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Bus Purabaya, dan Stasiun KA Pasar Turi yang memenuhi kebutuhan mobilitas orang dan barang. Namun demikian, ketersediaan infrastruktur tersebut belum didukung oleh sarana transportasi yang terpadu.

Sampai saat ini, sarana transportasi yang melayani kebutuhan perpindahan orang di dalam Kota Surabaya dan sekitarnya terbatas pada microlet/lyn, bus kota, komuter, dan kereta api. Yang menjadi permasalahan adalah ketidaktersediaan layanan angkutan umum yang aman, nyaman, cepat, dan terpadu menyebabkan masyarakat lebih memilih untuk menggunakan pendaraan pribadi dibandingkan dengan angkutan umum. Hal inilah yang melatarbelakangi meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi di Kota Surabaya terutama yang berokupansi rendah. Peningkatan penggunaan kendaraan pribadi enambah volume kendaraan yang melintasi jalan-jalan di Kota Surabaya dan tentu saja menimbulkan permasalahan kemacetan terutama di saat peak hour. Sampai saat ini, upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan kemacetan tersebut adalah dengan menambah kapasitas dan panjang jalan pada ruas-ruas yang menghubungkan CBD (Central Business Disctrict) maupun pusat-pusat kegiatan lainnya. Namun demikian hal ini bukan merupakan solusi jangka panjang mengingat isue keterbatasan lahan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan jalan. Di sisi lain, meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi juga menimbulkan masalah lanjutan yaitu meningkatnya polusi udara dan efek gas rumah kaca.

Dalam upaya mengatasi permasalahan yang telah dideskripsikan di atas diantaranya yaitu kemacetan, keterbatasan lahan untuk pembangunan jalan, perjalanan penumpang yang tidak efisien, dan meningkatnya polusi udara atas penggunaan kendaraan pribadi maka dibutuhkan upaya penyediaan angkutan umum massal yang merupakan sarana transportasi berkelanjutan. Di sisi lain, ketersediaan Angkutan Umum Massal Cepat yang mampu menghubungkan prasarana transportasi utama di Kota Surabaya diharapkan mampu meningkatkan mobilitas orang secara efisien terhadap wilayah Surabaya dan sekitarnya sehingga dapat menarik investasi yang lebih besar.

Maksud dan Tujuan

Maksud kegiatan Pengembangan Angkutan umum Massal cepat adalah tercapainya kerjasama antara Pemkot dan pihak swasta dalam penyediaan angkutan umum massal cepat sebagai titik awal upaya penyediaan transportasi yang berkelanjutan di Surabaya.

Tujuan kegiatan Pengembangan Angkutan umum Massal cepat adalah:

  1. Meningkatkan kualitas layanan angkutan umum
  2. Mengurangi kemacetan lalu lintas
  3. Memberikan alternatif pilihan angkutan umum

Sasaran

Sasaran yang diharapkan dapat diperoleh sebagai outcome positif dari ketersediaan Angkutan Umum Massal Cepat (AMC) diantaranya yaitu:

  1. Tercapainya kualitas layanan angkutan umum di Surabaya yang aman, nyaman, dan terjadwal
  2. Berkurangnya beban kapasitas jalan dan kemacetan karena beralihnya pengguna angkutan pribadi ke angkutan massal cepat
  3. Terselenggaranya trasnportasi yang berkelanjutan

Pengguna Barang dan Jasa

Pengguna barang dan jasa untuk Angkutan Umum Massal Cepat ini tidak saja masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya tetapi juga masyarakat Indonesia dan Internasional. Hal ini mengingat Kota Surabaya merupakan pintu gerbang investasi untuk propinsi Jawa Timur dan juga merupakan “Hub” bagi kegiatan bisnis untuk pasar Indonesia Timur dengan negara tetangga di perbatasan seperti Australia, Timor Timur, Papua Nugini, Filipina, Jepang, dan Singapura.

Berikut visualisasi angkutan massal cepat di Surabaya

bird-eye-darmo-950x300

Segmen Basuki Rahmat

Halte-Kejawan-2Stasiun Kejawan

basra-1-950x300

Darmo

CIPUTRA1-950x300

Untuk rute, dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini:

rutesource: smart.surabaya.go.id

Author

Related Articles

Leave a comment

Back to Top