Dokumentasi Rakornas IAP 2016 di Banjarmasin

Dokumentasi Rakornas IAP 2016 di Banjarmasin

AGENDA KEGIATAN, Berita IAP No Comments on Dokumentasi Rakornas IAP 2016 di Banjarmasin

Dokumentasi Rakornas IAP 2016 di Banjarmasin

Rakornas merupakan forum koordinasi seluruh pengurus organisasi antara pengurus nasional (PN) dan pengurus provinsi (Pengda). Kegiatan diselenggarakan di Hotel Aria Barito, Jumat malam (2/4) dihadiri Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Ketua DPP IAP Bernadus Djonoputro, ini juga dilanjutkan pengukuhan pengurus IAP Kalsel.

dalam memasuki tahun kedua pemerintahan Jokowi-JK, transformasi kebijakan dan program pembangunan pemerintah yang berlangsung cepat dan ekspansif telah membawa sistim penataan ruang kita ke dalam masa yang paling kritis.

Munculnya Perpres Nomor 61/2015 dan surat edaran Mentri Koordinasi Perekonomian yang meminta rencana tata ruang untuk menyesuaikan diri dengan arah, bentuk dan pola kebijakan yang dikeluarkan, sangat tidak bisa diterima oleh masyarakat perencana.

“Rencana tata ruang adalah produk hasil proses bottom-up dan kesepakatan multi stakeholder yang harus dipatuhi oleh semua stakeholder pembangunan” demikian disampaikan Bernadus Djonoputro, Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) dalam forum dialog pada Rakernas IAP 2016 di Banjarmasin.

IAP sangat mendukung percepatan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan daya saing Indonesia, tetapi bukan dengan prosedur potong kompas dan mengabaikan rencana tata ruang sebagai matra spasial pembangunan.

Apabila pemerintah membutuhkan penyesuaian rencana tata ruang maka perlu dilakukan penyempurnaan dalam aturan mainnya yaitu UU 26/2007, bukan kemudian malah mengeluarkan aturan yang mengesankan rencana tata ruang sebagai penghambat investasi.

Ketua Umum IAP menambahkan, setiap stekeholder memiliki hak untuk memanfaatkan ruang dan kegiatan penyusunan tata ruang adalah proses yang terbuka dan parsipatif, oleh karena itu, apabila kebijakan energi 35 MW, highspeed rail Jakarta-Bandung, Martim toll road, dll ingin diimplementasikan harus memperhatikan arahan dan ketentuan yang sudah ditetapan dalam rencana tata ruang. Apabila pada kondisi eksistingnya tidak sesuai maka harus diajukan revisi terlebih dahulu sesuai dengan aturan yang berlaku bukan malah membuat aturan sendiri.

Berdasarkan beberapa indikasi direndahkannya rencana tata ruang dalam kebijakan pembangunan pemerintah, maka IAP dalam forum Rakornas IAP 2016 ini menyerukan agar pemerintah untuk memperhatikan beberapa hal menempatkan kembali rencana tata ruang sebagai matra spesial pembangunan melalui pencabutan Surat edaran Menko Perekonomian No S 163/M EKON/07/2015 tentang peninjauan kembali dan revisi RTRW Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Revisi Perpres NO3/2016 tentang percepatan proyek strategis nasional khususnya pasal 19 ayat 2 agar merujuk kepada aturan perubahan rencana sesuai dengan UU 26 tahun 2007 tentang penataan ruang.Mengajak pemerintah dan DPR melakukan penyempurnaan UU penataan ruang terutama pada bagian pembagian peran pemerintah. Sifat rencana tata ruang yang mutatis multandis dan ketentuan sanksi. Kementerian Agraria dan tata ruang sebagai leading sector, harus segera melakukan harmonisasi produk rencana tata ruang dengan informasi  pertanahan dan melakukan langkah proaktif melalui penyesuaian berbagai perangkat kebijakannya.

Dengan demikian diharapkan tercipta pengaturan ruang untuk darat, kehutanan, laut, udara ke dalam Undang-Undang penataan ruang secara harmonis.

IAP menghimbau, kepada pemerintah agar tidak ada lagi kebijakan pembangunan memperhatikan kebijakan tata ruang yang sudah ada dan senantiasa melakukan proses pembangunan dengan mengikuti ketentuan tencana tata ruang yang merupakan kesepakatan bersama dalam memanfaatkan  ruang demi terwujudnya ruang yang aman, nyaman produktif dan berkelanjutan.

Sumber: http://infobanua.co.id/iap-pemerintah-jangan-abaikan-produk-rencana-dalam-percepatan-pembangunan/

Berikut Dokumentasi Rakornas Banjarmasin di Banjarmasin

IMG-20160403-WA0024

.IMG-20160401-WA0001Kedatangan Rombongan Surabaya

IMG-20160404-WA0000Pengukuhan Pengurus IAP Kalimantan Selatan

sesi diskusiSesi Diskusi Publik (dok: Juniar Ilham)

sesi programSesi program unggulan (dok: Juniar Ilham)

IMG-20160403-WA0007

.IMG-20160402-WA0001

.IMG-20160402-WA0002OutBond dan susur sungai

IMG-20160402-WA0004Pengurus IAP Jatim

Author

Related Articles

Leave a comment

Back to Top